31 Maret 2008

Be A Good Listener

Apabila kita berbicara dengan orang lain, tetapi orang tersebut tidak memperhatikan kita atau mengalihkan pembicaraan ke topik yang lain, gimana perasaan kita ? Tentu saja kecewa n sebel banget kan? Untuk itu kita harus belajar menjadi seorang pendengar yang baik. Bukan hanya mendengarkan saja, tetapi kalo perlu kita memberikan tanggapan kepada orang yang berbicara tersebut. Paling nggak kita mendengarkan saja itu sudah cukup. Sehingga orang yang berbicara tersebut akan merasa "dihargai". Untuk menjadi seorang pendengar yang baik ternyata tidak mudah, apalagi kalo yang dibicarakan adalah topik yang tidak penting. Boring kan?
Nah, kalo udah gitu jangan sekali-kali memotong pembicaraan orang lain dan mengalihkannya bergitu saja. Langkah terbaik adalah berusaha untuk mendengarkan saja. Apabila dia menanyakan pendapat kita, ya jawab aja secara singkat supaya tidak memperpanjang topik yang tidak penting itu. Kalo begitu kan orang tersebut akan merasa dihargai.
Suatu kejadian nyata yang selalu dialami oleh penulis adalah ketika penulis sedang bercerita dengan seseorang (rahasia) selalu saja dia memotong pembicaraanku dan mengalihkannya ke topik lain. Rasanya sebelll banget, kayak gak dihargai tau! Mudah-mudahan yang ngalamin gitu cuma aku. Amieen
So, Be a good listener is very important :D

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ya, ya. Jadilah pendengar yang baik. Kecuali...

Pas acara kampanye pilgub besok :D